Death begins in the colon…

Sewaktu bekerja di Rusia, aku sering minum kefir dan kombucha karena teman-temanku yang orang aseli Rusia yang fit dan langsing bak supermodel sering nenggak minuman probiotic high protein & vitamin ini. Manfaatnya memang dahsyat, yaitu kenyang lebih lama, pencernaan lancar, serta berasa lebih fit. Sayangnya, produk ini susah banget dicari di luar Rusia. Kalaupun ada, harganya mahal bingits karena import. Makanya, aku kaget dan happy banget saat tahu di Indonesia, Kedai Istimewa di Bandung menjual home-made kefir dan kombucha yang terjangkau harganya dan yummyyyyy! Langsung cus pesannn*

What is Kefir & Kombucha?

Kombucha_Mature
Kombucha
kefir-grains1
Kefir

Keduanya adalah minuman tradisional Rusia yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu di tanah Kaukasia yang kemudian menyebar ke dataran Eropa karena khasiatnya. Kefir adalah minuman susu dengan proses fermentasi, umumnya susu sapi atau kambing, teksturnya sedikit lembek mirip yoghurt, biasanya unsweetened, dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan. Aku mencoba versi original yang rasanya asam-asam segar. Cocok untuk sarapan di pagi hari atau cemilan ringan sore.

Processed with VSCOcam
Home-made Kefir
Processed with VSCOcam
Death begins in colon
Processed with VSCOcam
Saran Penyajian

Sedangkan Kombucha yang sering disebut sebagai the Living water adalah minuman hasil fermentasi bakteri dan ragi kombucha yang mengandung bakteri baik sehingga membantu proses metabolisme. Rasanya juga asam-asam segar dengan 6 varian rasa yang lucu, yaitu Original, Rosella, Rosella Mint, Coffee, Lemon Mint, Lemon Grass Mint, dan Ginger Lemon.

Processed with VSCOcam
Kombucha with six variants: Original, Rosella, Rosella Mint, Coffee, Lemon Mint, Lemon Grass Mint, and Ginger Lemon

Kefir dan Kombucha sangat asam rasanya. Apakah berbahaya bagi lambung, terutama penderita sakit maag?

Kefir dan Kombucha bersifat ‘basa’ dan baik bagi pencernaan, walaupun asam di mulut namun tidak ‘asam’ di lambung.  Sesuai fungsinya, Kefir dan Kombucha membantu memperlancar metabolisme sehingga frekuensi buang air meningkat karena efek detoksifikasi untuk membuang racun yang terpendam di saluran pencernaan kita.

Apakah Kefir dan Kombucha memiliki expire date?

Processed with VSCOcam
No expiry date!

Sebagai the Living Water, Kefir dan Kombucha adalah air hidup karena dalam proses pembuatannya bakteri-bakteri baik di dalamnya dijaga agar tetap hidup (unpasteurized). Oleh karena itu, semakin lama rasanya semakin asam selama disimpan di suhu ruangan karena bakteri yang terus beraktivitas. Namun pada umumnya lidah manusia memiliki tingkat toleransi terhadap rasa asam yang berbeda-beda. Jika disimpan di suhu ruangan umumnya bertahan sampai 2 minggu dan masih enak untuk dikonsumsi. Agar tidak cepat bertambah asam, sebaiknya disimpan di lemari pendingin dan bisa bertahan sampai berbulan-bulan, bahkan tahunan jika disimpan dengan benar. Jika sudah terlalu asam, jangan dibuang karena dapat dijadikan cuka untuk memasak, seperti apple cider vinegar.

Apakah ampas yang mengambang di Kombucha boleh diminum? 

Processed with VSCOcam
Ampas terkumpul di dasar botol

Di Kombucha, lama-kelamaan akan muncul seperti ampas yang mengambang yang adalah bakteri baik yang membentuk koloni baru dan baik untuk ikut diminum juga. Bahkan, kalau koloni bakterinya sudah besar bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan dengan ditempelkan ke bagian tubuh yang terluka.

 —————————————

You can get Kefir & Kombucha at:

Kedai Istimewa, Bandung

Phone 081320092849, 081394451990

Email bersihsehatdansegar@gmail.com

Price

Kefir 250mL 15K, 300mL 20K, 1L 45K

Kombucha 275mL 20K, 1 L 45K, except coffee 275mL 30K, 1 L 50K