Stres –  Ngemil – Gendut

153445_obesitas

Saat stress, kita cenderung makan/ngemil berlebihan. Ternyata pola makan tidak sehat ini disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut yang telah saya sadur dari berbagai sumber yang terpercaya.

1. Hormon kortisol yang tinggi

Ketika stres, tubuh kita melepaskan hormon kortisol yang akan memberikan dorongan energi secara cepat untuk memberi respons berupa melawan atau malah menghindar. Namun, jika kita selalu didera stres dalam jangka waktu yang lama, hormon kortisol akan terus-menerus dilepaskan sehingga menyebabkan berat badan mudah naik. Menurut studi yang dimuat pada jurnal Obesity, hormon kortisol dapat membuat lemak cenderung disimpan di daerah perut. Selain itu, kita juga menjadi lebih sering ngemil. Bahayanya lagi, wanita dengan level kortisol yang tinggi bisa mengalami masalah dalam ovulasi, sehingga kesuburan kandungannya terganggu.

2. Asam lambung yang tinggi

Asam lambung atau asam hidroklorat (HCL) inilah yang bisa mengikis dinding lambung sehingga menyebabkan lambung terluka dan terjadi penyakit maag. Untuk mencegah pengikisan lambung, maka perut terdorong untuk mengirimkan sinyal ke otak untuk makan. Karena itu, jika kita sedang stress biasanya diikuti dengan gejala perut yang terasa lapar.

Memberikan asupan makanan saat sedang stress memang merupakan cara yang termudah untuk mencegah terjadinya penyakit maag.

3. Emotional eating

Stres bak pisau bermata dua, dapat menyebabkan seseorang menjadi doyan makan atau bahkan tidak doyan makan.

Makan tanpa sadar dalam keadaan tidak lapar (ngemil) yang dikarenakan oleh stres disebut emotional eating. Sering mengalami stres, akan berakibat seseorang menjadi sering mengalami naik-turun berat badan yang cukup signifikan (berat badan ‘yoyo’).

Ngemil saat stres adalah salah satu kebiasaan buruk saya di masa lalu yang kebanyakan dipicu oleh faktor ketiga, emotional eating. Stres liat kerjaan numpuk, tugas tidak selesai, project gagal, tidak perform, dan masih banyak lagi tuntutan hidup lainnya. Sempat saya berusaha menahan diri tidak ngemil dengan sistem punishment – reward. Kalau berhasil tidak ngemil selama sebulan, saya memberi reward pada diri sendiri, misalnya nyalon atau beli baju idaman. Kalau gagal, punishment-nya harus cardio untuk membakar kalori yang numpuk. Sayangnya sistem ini tidak sustainable dalam kondisi pekerjaan yang highly stressful. 

inilah-alasan-mengapa-ngemil-malam-hari-dilarang
me, almost every time when stressed out

Pilihan terakhir adalah ngemil sehat. Emangnya bisa????

Tentu bisa. Saat lapar, ganti asupan cemilan yang penuh dosa: indomie, keripik singkong, kacang, es krim, dan kawan-kawannya dengan buah-buahan, sayuran, jus tanpa gula, smoothies dengan low fat milk, bahkan dengan keripik buah dan sayur.

Processed with VSCOcam
Organic Fruit and Veggies Chips


Kelebihan keripik buah & sayur tentunya sehat karena diproses dengan vacuum fryer tanpa minyak goreng, praktis, dan memberikan kepuasan bahwa kita nyemil tapi sehat. *Intinya tetep pengen ngemil tapi gak mau gendut* Bwahahha

Processed with VSCOcam
Organic fruit chips with less sugar, salt, MSG, and preservatives

Keripik organik dari buah-buahan dan sayur-mayur ini bisa diperoleh di:

Toko Organik Unik

Whatssap 08111472518

PIN BB 513A8D1D

Email: organik.unik@gmail.com

Selamat ngemil cantik!