Sebagai wanderlust, saya rajin mantengin harga tiket promo, baik di website maupun travel fair. Siapa tahu hoki dapat tiket murah ke destinasi impian. Salah satu travel fair paling hits di Indonesia adalah Garuda Travel Fair (GATF). Kenapa?

Karena….

Garuda adalah maskapai nasional kebanggaan yang menjadi World’s Best Cabin Crew by Skytrax karena excellent service, pilihan rute domestik maupun internasional yang beragam, inflight entertaiment yang mengesankan, cabin crew-nya rupawan, kursi yang nyaman – apalagi Business dan First Class. Komplit!

So, saya & sahabat pergi mengunjungi GATF 2017 yang berlokasi di JCC Senayan.

Tips & Trick:

  1. Belilah tiket GATF terlebih dahulu supaya tidak usah mengantri – click here. Kecuali, kamu adalah:
    • Pemegang Kartu Kredit BNI Infinite/Platinum/Emerald
    • Pemegang Kartu Debit BNI Platinum
    • Pemegang Kartu Kredit GA BNI Co-Brand Visa Signature & Visa Platinum
    • Pemegang Kartu BNI iB Hasanah
    • Member GarudaMiles Platinum
    • Pacar pilot Garuda *eh
  2. Karena GATF berkolaborasi dengan BNI, sudah jelas kamu akan menikmati diskon di happy hour, cashback, la la la kalau kamu memiliki kartu sakti seperti di atas. Namun pada prakteknya, untuk diskon up to 80% di Happy Hour & cashback hanya berlaku bagi pemegang Kartu Kredit BNI Infinite/Platinum/Emerald dengan kuota yang sangat terbatas dan harus antri gelang cashback dari pagi. Bahkan ada pula yang pakai calo, pegawai, saudara untuk antri dari jam 3 subuh! Hmmmmmmm……kompetitif*
  3. Bagi Pemegang Kartu Kredit GA BNI Co-Brand Visa Signature & Visa Platinum, kamu (ternyata) bisa menikmati diskon up to 80% di Happy Hour & cashback juga dengan mekanisme siapa cepat dia dapat:
    • Transaksi di atas IDR 5juta dalam 1 struk mendapat cashback IDR 1juta dengan kuota 500 orang/hari.
    • Transaksi di bawah IDR 5juta dalam 1 struk mendapat cashback IDR 500ribu dengan kuota 350 orang/hari.
  4. Bagi yang tidak memiliki kartu sakti di atas, kayaknya kurang nendang promo-nya karena justru di GATF inilah surga dunia bagi pecinta traveling & diskon. Tenang saja, kamu juga bisa membuat kartu debit/kredit BNI GA Platinum di booth BNI di hari kedatangan & kartu tersebut akan jadi dicetak dalam waktu 45 menit dengan minimal saldo IDR 10juta. Tips-nya jangan aktivasi program cashback IDR 500ribu dari pembukaan rekening BNI karena justru dana tabungan akan di-freeze selama 1 bulan. Ga bisa dipakai beli tiket GATF kan. Mending ngandalin cashback setelah beli tiket.
  5. Cashback setelah beli tiket dapat di-redeem di booth redemption BNI & masuk ke rekening kita dalam waktu 14 hari kerja. Mayannnn..
  6. Kalau hanya mau beli tiket pesawat, ga perlu banding-bandingkan harga di tiap  tour agent. Harganya sama aja karena dagangannya juga sama, yaitu tiket Garuda. Kecuali kalian mau beli paket tour, memang perlu banding-bandingkan harga di tiap tour karena harga akan bervariasi dari tour besar sampai tour kecil.
  7. O yah, jangan beli tiket di Booth Garuda Indonesia karena mereka tidak menjual tiket. Selama GATF, justru Booth Garuda Indonesia melayani pembuatan Garuda Miles (mayan nabung miles untuk ditukar tiket lagi), penukaran miles dengan bonus tambahan 20% miles, lucky draw, dll
  8. Persiapkan tanggal keberangkatan & alternatif, KTP, paspor untuk mempercepat proses pembelian tiket karena belum tentu dapat dengan antrian sejuta umat yang berebut kursi. Cermati bahwa tiket berlaku untuk keberangkatan Maret 2017 – Feb 2018 dengan black out di high-season seperti lebaran, natal, dan tahun baru. Kecuali kamu memang mau berangkat sebelum & pulang setelah high season.
  9. Masa tinggal di negara Asia max 1 minggu & Eropa max 3 minggu.
  10. Selain berburu tiket murah, kamu juga bisa beli paket Umroh/haji, paket honeymoon, tiket Universal Studios, tiket Taman Safari, sampai beli koper diskonan mulai dari Samsonite sampai Navy Club dengan harga super miring. Suer! Koper besar ukuran 24″ diskon dari IDR 1.5juta jadi IDR 750rb.
  11. Untuk mempermudah mobilisasi di antara ribuan manusia, ada baiknya mempelajari floor plan di JCC sebelum berperang – click here
  12. Pakai baju & sepatu yang nyaman karena kamu akan uyel-uyelan dengan banyak manusia, bawa topi & kipas, cemilan & minuman biar ga haus laper saat antri. Terpenting, powerbank supaya hape tetep nyala. Kan mati gaya kalau nunggu bengong
  13. Set realistic expectation. Jujur, saat tahu harga tiket dibanting jadi baper pengen kesini situ. Tapi kudu bijaksana mengatur budget. Yakin bisa mencicil hutang tiket sebanyak itu? Inget cicilan rumah, mobil, belum lagi budget makan, nongkrong weekend, la la la. Lagian, GATF diadakan 2x dalam 1 tahun. GATF fase 2 diadakan bulan September dan disanalah, kita bisa berburu tiket untuk tahun berikutnya. Jangan laper mata dulu.
  14. Beberapa airlines juga menawarkan pre-sale tanpa harus uyel-uyelan di GATF. Namun tidak ada cashback & diskon Happy Hour fantasis yang hanya berlaku selagi di event. Kecuali males, nitip aja ke agent tour representative langganan atau temen yang baik hati.
  15. Selama GATF, banyak kuis berhadiah unyu yang bisa kamu ikutin, mulai dari mencoba aplikas LINE Video Call, mobile apps Garuda Indonesia berhadiah voucher, Garuda Indonesia Trivia, sampai foto di photobooth yang tersedia.
    Berhadiah boneka Brown yang super unyu

  16. Kamu juga bisa melihat langsung prototipe pesawat Garuda Indonesia, mulai dari first class hingga business class dan juga macam-macam sajian yang dihidangkan untuk penumpang Garuda.
  17. Jangan lupa daftar Garuda Miles ya supaya setiap penerbanganmu dengan Garuda dapat point yang bisa ditukarkan dengan tiket pesawat, gift, dan berbagai benefit lainnya.

All in all, promo GATF akan kita nikmati maksimal dengan melakukan hal-hal di atas. Sebagai ilustrasi, harga diskonnya sungguh WOW. Menurut saya pribadi, tiket long haul destinasi internasional justru paling berasa diskonnya. Kalau domestik, rasanya kurang nampol diskonnya.

Paling puas adalah menggondol pulang tiket direct flight Jakarta-Amsterdam untuk Chrismast & New Year dari IDR 14 juta menjadi IDR 8,7juta di peak season! It starts to look a lot like Christmas….

Jarahan dari GATF 2017

Selamat berburu di hari kedua & ketiga GATF 2017! Bon Voyage!